Kursus Digital Marketing Pekanbaru |
Istilah digital marketing sudah tidak asing di telinga masyarakat saat ini. Saat ini, banyak orang dan perusahaan yang memasarkan pruduknya melalui digital marketing. Berbagai perusahaan pun banyak mencari — cari pekerja digital marketer untuk mendukung bisnisnya. Selain memasarkan produk, digital marketing dapat memasarkan/menawarkan jasa sesuai dengan keahlian/bidangnya.
Jadi, mari ketahui apa sebenarnya pengertian digital marketing, bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang bisa Anda lakukan lewat Digital Marketing ini. Anda para pebisnis atau ingin mendalami ilmu Digital Marketing, wajib tahu soal jenis pemasaran terbaru ini agar penjualan produk Anda meningkat.
Apa Itu Digital Marketing?
DIGITAL MARKETING adalah usaha untuk memperkenalkan suatu produk kepala pembeli/calon pembeli/konsumen. Dengan digital marketing, maka penjualan produk/jasa dapat terjangkau ke seluruh daerah tanpa batasan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi.
Setelah Anda mengetahui pengertian Digital Marketing, Anda mungkin bertanya — Tanya, “lalu apa tujuan yang dicapai melalui Digital Marketing ini?.” Mari kita ketahui bersama.
Apa Tujuan Digital Marketing?
Tujuan utama dari Digital Marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.
Mengapa Harus Menggunakan Digital Marketing?
karena dengan menggunakan digital marketing, pekerjaan anda akan lebih fleksibel, dapat berkomunikasi dengan calon konsumen dengan mudah dan cepat, menghindari pemborosan resoure dan menjangkau pasar yang lebih luas
Kapan Digital Marketing mulai banyak digunakan?
Digital marketing mulai banyak digunakan dan dilirik oleh pebisnis dan masyarakat semenjak tahun 2018 dan terus meningkat hingga akhir-akhir ini
Lalu, apa saja kelebihan/fungsi/manfaat/kegunaan dan kekurangan/kelemahan dari penggunaan Digital Marketing ini? Simak berikut ini :
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DIGITAL MARKETING
1. KELEBIHAN DIGITAL MARKETING
a. Menghubungkan Anda dengan Konsumen di Internet
Dengan digital marketing anda akan selalu berhubungan dengan konsumen tanpa perlu bertemu dan menghabiskan waktu yang banyak.
b. Menghemat pengeluaran
Dengan digital marketing, anda akan menghemat pengeluaran karena iklan dan pemasaran hanya perlu menggunakan computer/laptop dan internet. Anda tidak perlu mahal — mahal menyewa billboard untuk memasarkan pruduk anda.
c. Menjangkau pasar yang luas dan tak terbatas
Dengan internet, maka penjualan produk anda akan menjadi sangat tidak terbatas dan dapat dijangkau oleh seluruh dunia. Menciptakan peluang yang besar untuk penjualan produk anda.
d. Sarana untuk meningkatkan penjualan
Dengan digital marketing, peluang untuk meningkatkan penjualan anda pun besar karena pasar yang dicangkup sangat luas sehingga memungkinkan banyak yang akan melihat produk anda.
e. Memberikan kemudahan informasi pada konsumen
Dengan digital marketing, informasi dapat dengan mudah konsumen dapatkan karena dapat mencarinya di internet atau bisa juga di blog/website yang anda buat.
2. KEKURANGAN DIGITAL MARKETING
a. Membutuhkan Passion
Passion sangat diperlukan untuk memulai suatu bisnis, karena dengan passion, pebisnis/orang yang menggeluti bidangnya akan selalu merasa antusias dan selalu berusaha dan meikmati pekerjaannya.
b. Sulit Diterapkan Tanpa Pengetahuan dan Pengalaman
Penerapan digital marketing tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan melainkan membutuhkan ilmu dan pengalaman. Karena itulah ada bisnis yang tidak tersebar dengan baik karena pengetahuan yang minim tentang digital marketing
c. Mudah ditiru
Di Indonesia, aturan tentang plagiarism masih kurang kuat, sehingga plagiarism/pejiplakan sangat mudah terjadi dalam digital marketing ini. Anda dapat rugi secara materi karena ide bisnis anda dapat dengan udah ditiru oleh orang lain.
Selanjutnya, jika Anda ingin belajar digital marketing, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu strategi maupun cara apa saja yang termasuk kedalam praktik digital marketing. Kategori dalam digital mareting ada 5, tetapi, di sini kami akan menjelaskan 2 kategori digital marketing yang sering sekali digunakan. Mari ketahui apa saja kategorinya!
KATEGORI DIGITAL MARKETING
1. SEM (search Engine Marketing)
Yang disebut sebagai Search Engine / Mesin pencari :
a. Google
b. Baidu
c. Yahoo
d. Ask
e. Yandex
1.1. SEO (Search Engine Optimization)
— adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. dengan mendapatkan ranking tertinggi di hasil pencarian dengan gratis.
1.2. SEA (Search Engine Advertising)
- Cara kerja SEA adalah pemasangan iklan memilih beberapa kata kunci yang berkaitan dengan produk yang dijual. Jadi ketika orang mencari kata kunci tersebut, mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berbayar seperti contoh dibawah. cara ini menggunakan metode berbayar.
1.2.1 Google Ads
1.2.2 Yahoo Ads
1.2.3 Ask Ads
1.2.4 Yandex Ads
1.2.5 Baidu Ads
2. SMM (Social Media Marketing)
Jenis — jenis social media :
1. Instagaram
2. Line
3. Twitter
4. Facebook
5. Youtube
6. Linkedin
7. Tumblr
8. Twitch
9. Vk
10. dll
2.1. SMO (Social Media Optimization) — Gratis
Cara untuk membuatnya lebih visible di halaman pencarian situs telusur ketika dicari pengguna internet. Mempromosikannya serta memaksimalkan fungsi social networking untuk meningkatkan brand awareness hingga mendatangkan leads (calon pelanggan) yang potensial dari akun nyata (bukan palsu) Akun media sosial dikelola menjadi mesin pemasaran berantai.
2.2. SMA (Social Media Advertising) — Berbayar
Cara untuk membuat akun dan isi dapat dijangkau oleh banyak orang tanpa perlu mengetik keyword tertentu. Cara ini adalah cara dengan berbayar kepada pihak Social Media yang terkait. Contoh — contoh fitur yang menggunakan Social Media Advertising adalah :
1. Instagaram Ads,
2. Line Ads
3. Twitter Ads
4. Facebook Ads
5. Youtube Ads
Setelah mengetahui strategi — strategi dalam Digital Marketing, lalu siapa yang harus menggunakan Digital Marketing? Dan siapa juga target — target yang dari Digital Marketing ini?
Siapa yang Seharusnya Menggunakan Digital Marketing?
Pengguna metode digital marketing umumnya adalah pebisnis dan seorang pemiliki usaha yang ingin mempromosikan produknya secara efektif dan maksimal
Siapa Saja Target Pemasaran dari Digital Marketing?
Target digital marketing ditentukan berdasarkan produk yang akan dijual sehingga target dapat dengan mudah menemukan produk yang dicari
Dari Mana Belajar Digital Marketing dimulai?
Belajar digital marketing dimulai dari belajar membuat konten tulisan, kemudian setelah itu mulai mempelajari tentang SEO, Google Adwords, Social Media Marketing, Email Marketing, dll.
Setelah mengetahui secara mendasar tentang Digital Marketing, lalu, kapan waktu yang tepat untuk memulai metode digital marketing ini?
Kapan waktu yang tepat menggunakan Digital Marketing?
Waktu yang tepat menggunakan digital marketing adalah saat kita ingin mempromosikan produk bisnis agar dapat menjangkau daerah yang lebih luas dan menjangkau konsumen-konsumen dari daerah lain.
Dari poin — poin di atas, akan tidak berguna jika kita masih bingung bagaimana cara memulai Belajar Digital Marketing. Maka, dari mana kita dapat memulai mendalami ilmu marketing ini? Akan kamu jelaskan di bawah ini.
Bagaimana cara untuk memulai belajar tentang digital marketing?
Belajar digital marketing dapat dimulai kapan saja, belajar digital marketing dapat dimulai dengan mengikuti kursus/les atau melihat tutorial dan pengjaran di internet.
Untuk Anda yang bingung mencari Tepat untuk belajar menguasai Digital Marketing, sangat mendukung pengembangan Perusahaan Atau Bisnis anda tumbuh Lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cara-cara konvensional
*BETABISNIS.COM* Adalah Wadah yg sangat tepat untuk anda belajar menguasai Ilmu Digital Marketing
Mr. Eric 0812 764 55666
Jl. Bukit Pasir Perum BMP 1 Blok D20
Kulim, Tenayan Raya
Pekanbaru 28286
Ditulis Oleh Alifia Defitri Ananda - Magang Betabisnis
#WorkshopDigitalMarketing
#BelajarDigitalMarketingPemula
#CaraMenjadiDigitalMarketing
#CaraMembuatDigitalMarketing
#UsahaDigitalMarketingPekanbaru
#CaraBisnisDigitalMarketing
#WorkshopDigitalMarketing
#BelajarDigitalMarketingPemula
#CaraMenjadiDigitalMarketing
#CaraMembuatDigitalMarketing
#UsahaDigitalMarketingPekanbaru
#CaraBisnisDigitalMarketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar